Aplikasi Sistem Pembayaran Administrasi Kesiswaan Di SMA Ya BAKII Kesugihan

Main Article Content

Novi Ika Atikah Tenia Wahyuningrum Dwi Januarita

Abstract

Sekolah sebagai salah satu bentuk organisasi memerlukan pengolahan administrasi yang efektif dan efisien, yaitu berorientasi pada tujuan penggunaan semua sumber daya serta mekanisme pengelolaan sekolah. Salah satu fungsi administrasi sekolah adalah pengelolaan data pembayaran administrasi kesiswaan. Yang terjadi di SMA Ya BAKII Kesugihan yang masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan data pembayaran. Dengan memanfaatkan software komputer kita dapat mengelola data-data pembayaran administrasi kesiswaan dengan lebih mudah.  Dalam kegiatan ini mencakup bagaimana perancangan program basis data tentang pengelolaan data pembayaran sekolah di SMA Ya BAKII Kesugihan dengan menggunakan software Visual Basic 6.0 dan MySQL Server 5.1. Hasil dari perancangan dan pembuatan Aplikasi Sistem Pembayaran Administrasi Kesiswaan di SMA Ya BAKII Kesugihan adalah untuk mengoptimalisasikan pengolahan data pembayaran administrasi kesiswaan. Aplikasi ini dapat menghasilkan laporan-laporan yang dapat digunakan oleh bagian Tata Usaha lain yang berkaitan dengan administrasi kesiswaan. Berdasarkan hasil kegiatan di atas, pihak Sekolah disarankan dapat meningkatkan kualitas dan pengelolaan sekolah terutama bagian pembayaran administrasi kesiswaan di SMA Ya BAKII Kesugihan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ATIKAH, Novi Ika; WAHYUNINGRUM, Tenia; JANUARITA, Dwi. Aplikasi Sistem Pembayaran Administrasi Kesiswaan Di SMA Ya BAKII Kesugihan. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 42-49, nov. 2011. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/94>. Date accessed: 09 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v3i2.94.
Section
Articles

References

[1]. H.M. Jogiyanto. 1990. Analisis & Desain. Yogyakarta : Andi Offset
[2]. Kusrini, Koniyo Andri. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server .Yogyakarta : Andi Offset