Analisis Kebutuhan Bandwidth Pada Pemanfaatan Web Streaming Justin.tv Sebagai Media E-Learning Dengan Menggunakan Wirecast Dan Desktop Presenter

Main Article Content

Muhammad Ubaidilah Adnan Purwanto Wahyu Pamungkas

Abstract

Perkembangan teknologi informasi begitu cepat seperti sekarang telah banyak mengubah sudut pandang banyak orang, antara lain sudut pandang orang untuk mengubah dunia pendidikan menjadi lebih baik. Salah satu contohnya pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies (ICT) yaitu pembelajaran menggunakan video streaming. Dengan instalasi software open source Wirecast dan Desktop presenter digunakan untuk membuat video pembelajaran Streaming, disiarkan secara real time melalui media broadcast justin.tv (internet TV Channel), diharapkan dapat lebih mendukung konsep pembelajaran kapan dan dimana saja. Masalah terbesar dari teknologi ini adalah keterbatasan bandwidth. Bandwidth adalah parameter penting untuk melakukan streaming dalam jaringan. Sedangkan proses komunikasi menggunakan video digital ini menghabiskan resource yang cukup besar. Sehingga penggunaan wireshark di sini sangat diperlukan untuk menganalisis bandwidth pada paket yang diterima oleh client. Dari hasil pengukuran video dengan standar H.264 resolusi (720 x 540), dengan rata-rata 20 menit dalam pengambilan sampel, sebanyak 30 pengujian sampel streaming video menggunakan wireshark, diperoleh rata-rata throughput keseluruhan 0,343 Mbps, rata-rata throughput terendah 0,309 Mbps dan throughput tertinggi 0,372 Mbps. Dapat disimpulkan bahwa jika dihasilkan throughput yang lebih besar maka kualitas video streaming akan lebih baik, tetapi jika throughput dihasilkan semakin kecil maka kualitas video streaming akan menurunĀ 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
UBAIDILAH, Muhammad; PURWANTO, Adnan; PAMUNGKAS, Wahyu. Analisis Kebutuhan Bandwidth Pada Pemanfaatan Web Streaming Justin.tv Sebagai Media E-Learning Dengan Menggunakan Wirecast Dan Desktop Presenter. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-6, may 2014. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/9>. Date accessed: 23 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v6i1.9.
Section
Articles

References

[1] Purwanto, A.A. Video/TV Streaming dengan Video LAN Project. Yogyakarta : ANDI, 2005.
[2] Panji, Kirap Harmoko. Membangun Aplikasi Live Streaming Event Berbasis Web Menggunakan Protokol RTP, Bandung : Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia, 2011.
[3] Aribowo, Agung. Multimedia dan Streaming dengan Syncronized Multimedia Integration Language. Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2003.
[4] Maruf, Zunaidi. Implementasi Aplikasi Video Conference Pada E-Pesantren Berbasis Openmeetings, Depok : Fakultas Teknik Program Studi Teknik Komputer Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia, 2011.
[5] Ramadha, Arif. Implementasi Darwin Streaming Server Sebagai Pendukung Jaringan IPTV. Purwokerto : Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra, 2011.
[6] Sukra, Zener. Perancangan Motion Compensator Dan Integrasi Decoder H.264, Bandung : Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung, 2008.