Analisis Penerapan Metode Transmitter Receiver Unit (TRU) Upgrading Untuk Mengatasi Traffic Congestion Jaringan GSM Pada BTS Area Purwokerto Kota

Main Article Content

Alfin Hikmaturokhman Eka Wahyudi Yunita Trias Susanti

Abstract

Semakin banyaknya pengguna selular maka akan semakin banyak trafik yang akan tertampung. Trafik yang melebihi kapasitas kanal yang disediakan dapat menyebabkan kondisi Traffic Congestion. Untuk menanganinya diperlukan metode penambahan kapasitas kanal agar semua trafik dapat tertampung dengan baik. Metode ini disebut dengan TRU Upgrading. Transmitter Receiver Unit (TRU) adalah hardware yang terletak pada Radio Base Station dalam BTS yang berisi slot-slot kanal sedangkan metode TRU Upgrading adalah metode dengan menambahkan/upgrade kapasitas kanal yang tersedia dari konfigurasi TRU yang telah ada sebelumnya, misalkan pada BTS Pabuaran memiliki konfigurasi 3x2x3 karena terjadi kejenuhan pelanggan maka konfigurasi TRU diupgrade menjadi 3x4x3. Perubahan konfigurasi TRU maka merubah konfigurasi BTS-nya serta menambah kapasitas kanalnya. Key Performance Indicator (KPI) yang baik pada Indosat adalah menggunakan batas GoS 2%. Nilai GoS ini dikaitkan dengan tabel Erlang untuk mendapatkan sebuah nilai intensitas trafik. Jika nilai intensitas trafik konfigurasi TRU yang digunakan kurang dari nilai intensitas trafik pelanggan maka disebut traffic congestion. Sebagai akibat dari traffic congestion adalah kondisi blocking. TRU Upgrading ini dilakukan dengan harapan nilai blocking panggilan menjadi 0 %. Pada Purwokerto kota, diterapkan  TRU Upgrading untuk cell Grendeng 3, Pabuaran 2, dan Unsoed 1 karena trafik pelanggan yang terjadi melebihi nilai intensitas trafik dari konfigurasi TRU yang digunakan.   Untuk cell Unsoed 1 dan Grendeng 3 meski telah dilakukan TRU Upgrading menjadi 4 buah TRU tetap terjadi traffic congestion sebesar 8 sampai dengan 15 Erlang dikarenakan pada cell-cell ini mengcover area yang padat penduduk. Sedang untuk Pabuaran 2 penerapan TRU upgrading mencapai keefektifan sebesar 100%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HIKMATUROKHMAN, Alfin; WAHYUDI, Eka; SUSANTI, Yunita Trias. Analisis Penerapan Metode Transmitter Receiver Unit (TRU) Upgrading Untuk Mengatasi Traffic Congestion Jaringan GSM Pada BTS Area Purwokerto Kota. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 7-19, may 2011. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/84>. Date accessed: 25 may 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v3i1.84.
Section
Articles

References

[1] Anonymous. Radio Access Network (RAN). PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk.
[2] Anonymous. Dasar GSM 900/1800 buku II. TELKOM
[3] Hikmaturokhman, Alfin. 2006. Diktat Kuliah Mata Kuliah: Teknik Seluler. Akatel Purwokerto. Purwokerto.
[4] Kurniawan Usman, Uke dkk. 2008. Konsep Teknologi Seluler. PT. Informatika. Bandung.
[5] Kurniawan Usman, Uke dkk. 2010. Pengantar Ilmu Telekomunikasi. PT Informatika. Bandung.
[6] Mulyanta, Edi S. 2003. Kupas Tuntas Telepon Seluler Anda Ed-III. ANDI : Yogyakarta
[7] Puspita Dewi, Riana. 2011. Analisis Optimasi Kapasitas Trafik Dengan Multiband Cell (MBC) Pada Jaringan GSM Di PT. Xl Axiata, Tbk. Purwokerto. Akatel Sandhy Putra Purwokerto. Purwokerto.
[8] Setyadillah, Febry. 2010.Optimalisasi Kapasitas Trafik dengan Transceiver Group Synchronization di PT. XL AXIATA, Tbk Purwokerto. Akatel Sandhy Putra Purwokerto. Purwokerto.
[9] Setyanto, Budi. Dasar-dasar Telekomunikasi Teknik Modern. 2010. PT. Sakti Umbulharjo. Yogyakarta
[10] Sunomo. 2004. Pengantar Sistem Komunikasi Nirkabel. PT. Grasindo. Jakarta.
[11] Syadam, Gouzali. 2005. Teknologi Telekomunikasi Perkembangan dan Aplikasi. Alfabeta : Bandung
[12] Ulva T Wello, Andi. 2009. Analisis Performansi Pada Jaringan GSM 900/1800 di Area Purwokerto Studi Kasus di PT. Excelcomindo Pratama Purwokerto. Akatel Sandhy Putra Purwokerto. Purwokerto.
[13] Ulya, Karimatul. 2011. Analisis Optimasi Kapasitas Sel Gsm Dengan Cell Splitting Studi Kasus Di PT Xl Axiata Purwokerto. Akatel Sandhy Putra Purwokerto. Purwokerto.
[14] Witjaksono, Bogi, Hanuranto,AT. 2000. Diktat Mata Kuliah Rekayasa Trafik. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom Bandung. Bandung.