Analisis Parameter Ber Dan C/N Dengan Lnb Combo Pada Teknologi Dvb-S2

Main Article Content

Wahyu Pamungkas Eka Wahyudi Anugrah Ahmad Fauzi

Abstract

Instalasi antena parabola berfungsi untuk memudahkan pada saat pengarahan pointing antena ke satelit yang dituju. Permasalahan yang diketahui yaitu bagaimana perilaku parameter Bit Error Rate (BER) dan Carrier to Noise (C/N) pada LNB Combo yang menggunakan teknologi DVB-S2. Setelah instalasi antena parabola dilakukan dan sukses, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pointing antena. Pointing antena diarahkan pada posisi satelit yang akan dituju. Satelit yang akan dituju yaitu Palapa D menggunakan frekuensi C-Band sedangkan Ku-Band diarahkan pada satelit NSS 6. Setelah pointing selesai dilakukan maka langkah selanjutnya yaitu menghubungkan dengan Digital Video Broadcasting Satellite Second Generation (DVB-S2). DVB-S2 merupakan receiver. Parameter yang diamati yaitu parameter BER dan C/N. Parameter BER merupakan perbandingan dengan jumlah bit yang diterima secara tidak benar dengan jumlah bit informasi yang ditransmisikan pada selang waktu tertentu. Parameter C/N merupakan perbandingan nilai pada carrier yang diterima dengan nilai sinyal noise yang dihasilkan dalam suatu link. Diperlukan juga Low Noise Block (LNB) Combo yang berguna untuk mentransmisikan sinyal ke receiver. LNB yang digunakan merupakan LNB Combo, dimana dua buah frekuensi yakni C-Band dan KU-Band menjadi satu dalam sebuah LNB. Setelah melakukan pengukuran dan melihat hasil pengukuran, dapat disimpulkan bahwa LNB Combo berpengaruh pada sinyal C-Band yang dihasilkan, sinyal C-Band akan mengalami penurunan kualitas, ini dibuktikan dari hasil pengukuran yang telah dilakukan bahwa nilai parameter C/N dan BER pada Ku-Band lebih baik daripada nilai parameter C/N dan BER pada CBand. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PAMUNGKAS, Wahyu; WAHYUDI, Eka; FAUZI, Anugrah Ahmad. Analisis Parameter Ber Dan C/N Dengan Lnb Combo Pada Teknologi Dvb-S2. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 50-54, nov. 2013. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/8>. Date accessed: 18 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v5i2.8.
Section
Articles

References

[1] Arif Kurniawan. Laporan Tugas Akhir Analisis Pengaruh Jumlah LNB pada Antena Parabola Terhadap Parameter C/N pada Aplikasi DVB-S. Purwokerto : Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, 2010.
[2] Chlorid Latifoso. Laporan Tugas Akhir Pengaruh Penggabungan LNB C-Band dengan LNB Ku-Band pada Antena Parabola Terhadap Parameter C/N pada Aplikasi DVB-S, Purwokerto : Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, 2010.
[3] Achmad Nasuha. Laporan Tugas Akhir Analisis Pengaruh Warna Antena Parabola Terhadap Parameter C/N pada Aplikasi DVB-S. Purwokerto : Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto, 2011.
[4] T.L.H Simanjuntak. Sistem Komunikasi Satelit. Bandung : PT. Alumni, 2010.
[5] Walter Fischer. Handbook Digital Video and Audio Broadcasting Technology. Third Edition. Springer.