Implementasi Antena Wajanbolic Sebagai Penerima Signal Hotspot

Main Article Content

Eka Wahyudi Irwan Susanto Andhy Triono

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah memadu menjadi satu. Teknologi informasi banyak berkaitan dengan konten sementara teknologi komunikasi banyak berkaitan dengan infrastruktur. Sistem komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar dan sebuah sistem selalu membutuhkan medium sebagai pembawa sinyal. Maka dari itu dibutuhkan alat pendukung sebagai penghubung pembawa sinyal dalam sebuah jaringan, salah satunya yaitu  teknologi wireless. Salah satu bagian dalam teknologi wireless ini yaitu antena. Dari berbagai bentuk antena, antena wajanbolic merupakan antena yang praktis dan sederhana untuk diimplementasikan. Fungsi dari antena wajanbolic ini yaitu untuk mengumpulkan sinyal yang dipancarkan oleh acces point. Komponen utama dalam membuat wajanbolic adalah USB wireless adapter. Dalam implementasi wajanbolic tersebut, diperoleh jarak maksimal jangkauan acces point yang mampu diterima sekitar 150 meter dimana lintasan sinyal dalam keadaan clear of  sight (CLOS)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WAHYUDI, Eka; SUSANTO, Irwan; TRIONO, Andhy. Implementasi Antena Wajanbolic Sebagai Penerima Signal Hotspot. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 13-22, may 2010. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/73>. Date accessed: 09 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v2i1.73.
Section
Articles

References

[1]. Adiyanto, Molin., 2008, Proyek Akhir Pembuatan Antena Wajanbolic – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya.
[2]. Sopandi, Dede., 2005, Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer, Informatika Bandung.
[3]. Nana, Suarna., 2007, Petunjuk Teoritis Pengantar LAN (Local Area Network), Yrama Widya, Bandung
[4]. Purwanto, Eddy., 12 September 2010, Sejarah Internet, http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp& biw=981&bih=520&q=http%3A%2F%2Flitb ang.depkes.go.id%2Ftik%2Fmedia%2FPenga ntar_WWW.doc&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs _rfai=&fp=230ca2ae376fd1c8.
[5]. Susanto, Irwan., 2004, Panduan Penulisan Tugas Akhir – Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Purwokerto. Purwokerto.