Segmentasi Dan Perbaikan Citra Untuk Proses Pengukuran Dimensi Beras

Main Article Content

Very Kurnia Bakti Dairoh Dairoh Miftakhul Huda

Abstract

Pada model pengukuran fisik beras masih menggunakan model pengukuran manual yaitu menggunakan micrometer dimana penggunaannya masih memerlukan waktu yang cukup lama dan hasil pengukurannya masih bersifat subjektif dikarenakan hasil pengukuran menggunakan micrometer. Bergantung juga kepada kemampuan penglihatan masing-masing individu yang melakukan pengukuran. Maka perlu adanya cara pengukuran yang lebih cepat dalam mengukur dimensi beras tanpa mengurangi tingkat akurasi dengan menggunakan teknologi pemprosesan citra. Tujuan penelitian adalah mendapatkan cara yang lebih cepat dibandingkan menggunakan micrometer  dengan memanfaatkan teknologi pemrosesan citra sebagai alat bantu instrumen pengukuran yang dapat menampilkan nilai ukur yang jelas terbaca. Penelitian dilakukan menggunakan data beras dari BULOG Kota Tegal.  Dilakukan pengukuran panjang dan lebar beras tersebut baik dengan caliper dan dibandingkan dengan hasil citra menggunakan digital microscope dengan bantuan coding pada MATLAB secara realtime dari ruang warna YCBCR menjadi RGB diubah ke grayscale.  Hasilnya menunjukkan bahwa pengukuran  dimensi beras berupa panjang dan lebar suatu beras dapat dilakukan dalam pemrosesan citra dan hasil klasifikasi beras berdasarkan ukuran panjang dan lebarnya diperoleh beras memiliki ukuran 6.67-7.50 mm yang merupakan bentuk panjang, dan bahwa dari 100 beras diperoleh klasifikasi beras berdasarkan dimensi untuk lebarnya  berupa bulat dengan ukuran < 2 mm

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BAKTI, Very Kurnia; DAIROH, Dairoh; HUDA, Miftakhul. Segmentasi Dan Perbaikan Citra Untuk Proses Pengukuran Dimensi Beras. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 88-93, may 2016. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/56>. Date accessed: 19 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.56.
Section
Articles

References

[1] Suryana. Ase. and Deden Muhammad. "Perancangan Sistem Pengukuran Derajat Sosoh Beras Berbasis Fuzzy." (2005).
[2] Fauziah AR. Noortasiah dan Tazrin Nor “Cara Pengujian Mutu Fisik Gabah dan Beras” Balai Peneitian Tanaman Pangan Lahan Rawa.Banjarbaru 70712, 2001, pp 184-191
[3] Ahmad. Usman. Enrico Syaefullah. and Hadi K. Purwadaria. "Valuasi Mutu Bunga Potong Krisan Yellow Fiji Menggunakan Pengolahan Citra." Jurnal Keteknikan Pertanian, 2014, pp243-252.
[4] Ardisasmita. M. Syamsa. "Pengolahan Citra Digital Dan Analisis Kuantitatif Dalam Karakterisasi Citra Mikroskopik." Jurnal Mikroskopi dan Mikroanalisis, 2000, pp25-29.
[5] Rice Grain Quality. By JF Rickman And M Gummert. IRR. Los Banos. Philippines”Karakterisasi dan Standarisasi Mutu Gabah-beras”. Balai Besar Tanaman padi (2012)
[6] Yang Yang, Peng Yuhua and Liu Zhaoguang ”A Fast Alogrithma For YcbCr to RGB Conversion” IEEE Transactions on Consumer Electronics, Vol 53, N0.4, Nov 2007, pp490-493.
[7] M. Rashidi, M.Gholami, And S. Abbassi, “Cantaloupe Volume Determination Through Image Processing” J.Agr, Sci Tech, 2009 vol. 11:pp623-631.
[8] Hermaduanti, Ninki, and Sri Kusumadewi. "Sistem Pendukung Keputusan Berbasis SMS untuk Menentukan Status Gizi dengan Metode K-Nearest Neighbor." Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2008 Vol. 1. No. 1.