Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace

Main Article Content

Septya Maharani Heliza Rahmania Hatta Firdha Ayu Selvyani

Abstract

Cerita dan sejarah dari terbentuknya sebuah daerah  ataupun sebuah tempat memiliki nilai pembentuk akan suatu pola kehidupan serta budaya masyarakat.  Informasi sejarah banyak terdapat di buku dan artikel tetapi kebanyakan informasi tersebut dominan berisi tulisan sehingga membuat minat orang untuk membaca kurang sehingga pada era ini sangat sulit untuk menemukan orang terutama anak-anak yang mengetahui tentang sejarah terbentuknya sebuah daerah ataupun tempat. Game merupakan salah satu media yang selain menghibur, juga dapat digunakan sebagai media informasi dan pembangkit motivasi yang efektif. Atas dasar inilah dibangun sebuah game yang menceritakan terbentuknya salah satu kota di Indonesia yaitu Samarinda dalam game yang berjudul Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda. Game Sejarah Kota Samarinda merupakan game berjenis Role Playing Game (RPG) yaitu game yang hampir keseluruhan permainannya didasarkan pada cerita. Game ini dibangun dengan menggunakan sebuah RPG Editor Engine atau mesin pengedit RPG yaitu RPG Maker VX Ace. Storyline game dibangun berdasarkan alur cerita dari sejarah terbentuknya kota Samarinda. Game ini didukung dengan berbagai fitur didalamnya yang terdiri dari berbagai jenis misi dan semtuhan graphic 2d. Setelah game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda dibangun, maka dilakukanlah pengujian untuk mengetahui apakah game berjalan dengan baik sehingga game ini dapat dijadikan sebagai media informasi yang dapat  membuat pemain tertarik mempelajari sejarah terbentuknya kota Samarinda. Dari hasil pengujian secara fungsionalitas game ini memenuhi harapan dari peneliti untuk mengemas pendidikan dalam bentuk  game

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MAHARANI, Septya; HATTA, Heliza Rahmania; SELVYANI, Firdha Ayu. Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 56-63, may 2016. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/52>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.52.
Section
Articles

References

[1] Suherman, Pepen dan Amir Fatah Sofyan, “Perancangan Game untuk Anak-anak (Petualangan Pepen) Dengan Macromedia Flash,” Jurusan teknik Informatika. STMIK Amikom Yogyakarta.Yogyakarta, 2010.
[2] Jasson, “Role Playing Game (RPG) Maker," CV ANDY OFFSET, Yogyakarta, 2009.
[3] Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language),” Jurnal Informatika Universitas Mulawarman, volume 6, pp 1-15, Universitas Mulawaran, 2011.
[4] Maula, Amiruddin, Syahbandi, dan Achmad Maulana, “Cerita Rakyat Dari Kalimantan Timur”, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
[5] Ashari M.R.A, “Game RPG Lorong Waktu-Pangeran Diponegor”, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 2013.
[6] Wibowo dan Aris Setyo,”Pembuatan Game RPG (Pitung : Batavia’s Champion) Menggunakan RPG Maker VX,” Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 2013.
[7] Junaidi, A.R, “Pemrograman Game RPG Maker VX Ace”, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 2015.
[8] Wulandari, A.D, “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker XP Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang,” Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.
[9] Wahyu, C.S, “Membangun Game Mini Car Action 2d : Mobilkom”, Universitas Mulawarman, Samarinda, 2015.