Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android

Main Article Content

Dyna Marisa Khairina Dio Ivando Septya Maharani

Abstract

Ketidaktahuan akan kelebihan dan kekurangan smartphone android merupakan kerugian bagi user karena banyaknya pilihan smartphone android yang beredar di pasaran. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan adanya suatu metode yang dapat memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan secara tepat. Penelitian bertujuan membuat aplikasi sistem pemilihan smartphone android dengan menerapkan metode Weighted Product yang dapat menyelesaikan masalah dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating attribute dengan atribut bobot yang bersangkutan. Adapun yang menjadi kriteria dalam pertimbangan pemilihan smartphone Android dalam penelitian diperoleh dari hasil kuesioner yaitu harga, memori internal, RAM, kamera dan kapasitas baterai. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem pemilihan smartphone android berbasis web yang dapat memberikan rekomendasi kepada user sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam memilih  smartphone android dengan menerapkan metode weighted product dalam proses analisa sistem sehingga diperoleh hasil yang terbaik dalam pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KHAIRINA, Dyna Marisa; IVANDO, Dio; MAHARANI, Septya. Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 16-23, may 2016. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/47>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.47.
Section
Articles

References

[1] Gunawan, & Astuti, S, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gadget Android Menggunakan Metode Promethee,” Techno COM, Vol. 12, No. 2, Mei 2013, pp. 104-116.
[2] Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi, 2007.
[3] Subakti, I, Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). Surabaya: ITS, 2002.
[4] Kadarsah, Suryadi dan M. Ali Ramdani, Sistem Pendukung Keputusan: Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
[5] Kusumadewi, Sri, Hartati, S, Harjoko, A, dan Wardoyo, R, Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.