Aplikasi Diagnosis Kelainan Refraksi Mata Dan Tips Perawatan Mata Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web Studi Kasus Rosya Optikal

Main Article Content

Sayyidah Fathimah Suryatiningsih Suryatiningsih Siska Komala Sari

Abstract

Diagnosis merupakan penentuan jenis-jenis penyakit berdasarkan penelitian sesuai dengan gejala-gejala yang dialami. Gejala gangguan penglihatan yang sering dialami adalah rabun. Rabun dapat berupa rabun melihat benda jauh, rabun melihat benda pada jarak dekat dan lain-lain. Semua jenis rabun mata pada intinya merupakan gangguan memfokuskan bayangan benda yang dilihat atau kelainan refraksi (Ametropia). Untuk mengetahui kelainan refraksi pada mata di Rosya Optikal masih menggunakan cara manual yaitu dengan pasien datang ke Rosya Optikal melakukan pendaftaran, pemeriksaan mata, refraksionis optisien mendiagnosis dan memberikan hasil diagnosisnya, memberikan tips perawatan mata beserta resep pembuatan kacamata diberikan kepada pasien. Cara ini merupakan hal yang biasa dilakukan, namun tidak semua orang mempunyai waktu dan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan mata dikarenakan kesibukan pekerjaan yang harus dilakukan. Melihat alasan diatas, maka diperlukan pembuatan alat bantu untuk diagnosis kelainan refraksi pada mata dan memberikan tips perawatan mata. Pembuatan Aplikasi Diagnosis Kelainan Refraksi Pada Mata dan Tips Perawatan Mata dengan Metode Forward Chaining yaitu metode pencarian atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Pengujian aplikasi menggunakan black box testing yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak.Dengan adanya alat bantu ini, pengguna dapat mengetahui kelainan mata yang dialami, mendapatkan tips perawatan mata sehingga dapat merawat dan mencegah penyakit mata yang berkelanjutan dan solusi jenis kacamata jika diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FATHIMAH, Sayyidah; SURYATININGSIH, Suryatiningsih; SARI, Siska Komala. Aplikasi Diagnosis Kelainan Refraksi Mata Dan Tips Perawatan Mata Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 153-164, nov. 2015. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/43>. Date accessed: 21 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.43.
Section
Articles

References

Roger S. Pressman, Ph.D., REKAYASA PERANGKAT LUNAK Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: ANDI dan McGraw-Hill Book Co., 2012.
M Shalahuddin Rosa A S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.
Achmad Afifudin, Noor Syamsu dan Rahasiah Taufik Anastasia Vanny Launardo, "TALLO, KELAINAN REFRAKSI PADA ANAK USIA 3 – 6 TAHUN DI KECAMATAN," 2010.
Anton Setiawan Honggowibowo, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web dengan Forward Chaining dan Backward Chaining," Telkomnika, vol. Vol 7, 2009.
Bunafit Nugroho, Aplikasi Sistem Pakar dengan PHP & Editor Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Erny Untari, "DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN," Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, vol. vol 13 no 1, 2014.
Bunafit Nugroho, PHP dan Mysql dengan Editor Dreamweaver MX. Yogyakarta: ANDI, 2004.
Kasiman Peranginangin, Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI, 2006.
M Shalahuddin Rosa A S, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula, 2011.
PT Elex Media Kommutindo, Pemrograman Web Aplikatif dengan Java. Jakarta: PT Elex Media Kommutindo, 2011.
Sharive, Proyek Membangun Website dengan YII. Yogyakarta: Lokomedia,2014.