Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya

Main Article Content

Silvester Dian Handy Permana

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak berusia dua sampai dengan usia enam tahun. Salah satu aspek dalam kecerdasan yang harus dikembangkan oleh anak usia dini adalah warna. Mereka harus mengenal berbagai jenis warna yang ada. Hal ini harus dilatih untuk mempersiapkan anak usia dini masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. Selain itu, pengenalan warna untuk anak usia dini juga dapat mendeteksi dan mengidentifikasi buta warna pada anak. Hal ini sangatlah penting untuk kelanjutan kehidupan anak dan pendidikan yang akan orang tua berikan kepada anak. Dalam penelitian ini akan dibuat pengenalan pola warna dalam bentuk permainan ponsel dimana saat ini banyak orang tua sudah menggunakan ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita dapat memanfaatkan ponsel pintar tersebut untuk pendidikan. Pengembangan aplikasi ini menggunakan android studio. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Systems Development Life Cycle. Aplikasi yang dihasilkan adalah program game yang dapat dipasang dalam ponsel pintar khususnya Android. Seluruh fungsionalitas dalam aplikasi ini sudah diuji dan dapat memenuhi harapan dari peneliti untuk mengemas pendidikan dalam game. Pengemasan pendidikan dalam rupa game juga akan menambah daya tertarik anak untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PERMANA, Silvester Dian Handy. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 113-120, sep. 2016. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38>. Date accessed: 25 may 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.38.
Section
Articles

References

Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Dan Informal Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Fungsi & Tujuan. http://paud.kemdikbud.go.id/static/fungsi-tujuan. 2015 Diakses tanggal 15 Juni 2015.
[2] Nurdiansah, Wijaya. Pembangunan Aplikasi Game 2D Kabayan Saving Our Cultures. Bandung : Universitas Komputer Indonesia. 2011.
[3] Artina, Nyimas. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG). Palembang. 2010.
[4] Android Overview. Open Handset Alliance. http://www.openhandsetalliance.com/android_overview.html Diakses 08-09-2015
[5] Adiwijaya, Mohamad, Kodrat, Yuli Christyono. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Universitas Diponegoro Semarang : Jurusan Teknik Elektro. 2012.
[6] Artina, Nyimas. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG). Palembang. 2010.
[7] Tampubolon. Pengaruh Nilai Pengalaman Dan Gaya Hidup Bermain Game Online Terhadap Kepuasan Konsumen. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2013.
[8] Blanchard, B. S., & Fabrycky, W. J. Systems engineering and analysis (4th ed.) New Jersey: Prentice Hall. 2006.
[9] Simanjuntak, Jansen. Membuat game dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Medan : Universitas Sumatera Utara. 2014.
[10] Sukinten dan Sri Widayati. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Bermain Edukatif Balok Warna Pada Anak usia 3-4 tahun Di Kelompok Bermain Tunas Bangsa 1. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. 2013.