Pembangunan Aplikasi Perhitungan Honor dan Pengukuran Kinerja Asisten Praktikum Berbasis SaaS

Main Article Content

Fitri Susanti Henry Rossi Adrian Nota Tema Gea

Abstract

Bagi suatu perguruan tinggi, kegiatan praktikum sangat penting untuk mendukung pembelajaran di kelas. Beberapa masalah yang muncul dalam pengelolaan kegiatan praktikum seperti keterlambatan pengumpulan berita acara praktikum (BAP) sehingga memperlambat perhitungan, pembayaran dan pelaporan honor asprak. Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk rekapitulasi dan validasi ratusan lembar BAP yang telah terkumpul setiap bulannya. Dibutuhkan pengolahan data lebih lanjut untuk menilai kinerja asprak berdasarkan data BAP. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka dibangun aplikasi perhitungan honor dan kinerja asprak. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola data BAP, perhitungan dan pelaporan honor, perhitungan nilai transkrip aktivitas kemahasiswaan (TAK) dan pencetakan sertifikat asprak. Keterbatasan SDM atau biaya menyebabkan tidak semua perguruan tinggi dapat langsung membuat aplikasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu aplikasi ini dibangun berbasis Software as A Service (SaaS). Aplikasi ini dikembangkan dengan metode analisis perancangan terstruktur dengan model waterfall. Pengumpulan data kebutuhan aplikasi dilakukan dengan survey ke fakultas-fakultas di Universitas Telkom. Hasilnya dianalisis dan dikembangkan menjadi rancangan aplikasi. Aplikasi diimplementasikan pada pemrograman PHP. Pengujian dilakukan dengan metode black box testing. Hasilnya berupa aplikasi SaaS untuk perhitungan honor dan pengukuran kinerja asisten praktikum. Perguruan tinggi pengguna aplikasi SaaS ini dapat melakukan kostumisasi terhadap fitur yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUSANTI, Fitri; ADRIAN, Henry Rossi; GEA, Nota Tema. Pembangunan Aplikasi Perhitungan Honor dan Pengukuran Kinerja Asisten Praktikum Berbasis SaaS. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 101-106, nov. 2015. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/36>. Date accessed: 21 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v7i2.36.
Section
Articles

References

[1] Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), available at: http://kbbi.web.id/
[2] John Rhoton, “Cloud Computing Explained”, Recursive Press: USA, 2009.
[3] Sofana, Iwan, “Cloud Computing, Teori dan Praktek (Open Nebula, VMWare, dan Amazon AWS)”, Informatika : Bandung, 2012.
[4] Andi Prasetyo Utomo, “Penerapan Konsep SaaS Pada Aplikasi Penggajian”, SIMETRIS, vol 6 No 1, 2015.
[5] Erick A Marks, Bob Lozano, “Executive’s Guide to Cloud Computing”, Jhon Wiley & Sons, Inc : New Jersey, 2010.
[6] Awan Pribadi Basuki, Membangun Web berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter. Yogyakarta, Indonesia: Lokomedia, 2010.