Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Android (Studi Kasus: Toko Maestro Accessories Duri)

Main Article Content

Fariz Prabowo Rika Perdana Sari Tobi Arfan

Abstract

Toko Maestro Accessories Duri membutuhkan sebuah perangkat lunak yang dapat mencatat kegiatan toko serta menyajikan informasi keuangan yang dapat diakses hanya dengan menggunakan smartphone. Maka dari itu, penelitian ini dibuat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan membangun sebuah sistem informasi akuntansi (SIA) berbasis Android. SIA ini dibangun menggunakan Android Studio sebagai integrated development environment (IDE), dan MySQL sebagai database. Pengujian menggunakan teknik user acceptance testing (UAT) yang dilakukan oleh pemilik toko, dimana pada UAT tahap pertama menghasilkan persentase kepuasan sebesar 76,9% dengan indikator sebanyak 52 butir uji. Lalu, pada UAT tahap kedua diperoleh persentase kepuasan sebesar 98,1% dengan 15 butir uji, serta UAT tahap ketiga diperoleh persentase kepuasan sebesar 100% yang diperoleh dari 3 butir uji. Penelitian ini dianalisa menggunakan teknik wawancara yang dilakukan sebanyak dua kali. Wawancara pertama dilakukan dengan narasumber seorang staf pengajar program studi Akuntansi di Politeknik Caltex Riau guna memperoleh informasi mengenai kelayakan SIA Android bernama Maestro yang dibangun dari sudut pandang independen dan berkompetensi di bidang akuntansi. Selanjutnya, wawancara kedua dengan narasumber yaitu pemilik toko Maestro Accessories dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai kinerja aplikasi Maestro dari sudut pandang klien

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PRABOWO, Fariz; SARI, Rika Perdana; ARFAN, Tobi. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Android. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 9, n. 3, aug. 2017. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/280>. Date accessed: 23 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v9i3.280.
Section
Articles

References

[1] M. G. Simkin, J. M. Rose, and C. S. Norman. “Accounting Information Systems (12th Edition).” Singapore: John Wiley & Sons, Inc (1989).
[2] M. B. Romney, and P. J. Steinbart. “Accounting Information Systems.” New Jersey: Prentice Hall (2005).
[3] L. M. Sadeli. “Dasar-dasar Akuntansi.” Jakarta: Bumi Aksara (2000).
[4] F. Elisabeth. “Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan terhadap Rate of Return Investasi pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2007-2009.” Pekanbaru: Jurnal Politeknik Caltex Riau (2011).
[5] B. Sidik. “MySQL untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembang Aplikasi Web.” Bandung: Penerbit Informatika (2005).
[6] Madcoms Madiun. “Dreamweaver CS5 PHP – MySQL untuk Pemula.” Yogyakarta: ANDI (2011).
[7] K. Naik, and P. Tripathy. “Software Testing and Quality Assurance.” Singapore: John Wiley & Sons, Inc (2008).
[8] K. R. Soegijono. “Wawancara sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data.” Jakarta: Media Litbangkes (1993).
[9] M. A. Carolina. “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan: Rancang Bangun Sistem pada Toko Seneng Santoso Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Crystal Report.” Semarang: Jurnal Universitas Dian Nuswantoro (2013).
[10] M. Ridwan. “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi serta Analisa Siklus Pendapatan pada Lembaga Kursus Bahasa di Pekanbaru (Studi Kasus: Kursus Pembina Nusantara).” Pekanbaru: Jurnal Politeknik Caltex Riau (2014).