Analisis Estimasi Kanal Dengan Menggunakan Metode Invers Matrik Pada Sistem MIMO-OFDM

Main Article Content

Kukuh Nugroho Riski Utami

Abstract

Kanal merupakan media transmisi antar pengirim dan penerima. Pada sistem komunikasi berbasiskan nirkabel, kanal memegang peranan penting dalam menentukan kualitas dari proses pengiriman sinyal dari pengirim ke penerima. Terdapat beberapa faktor yang menentukan kualitas komunikasi nirkabel akibat pengaruh kanal, diantara komponen yang mempengaruhi kanal antara lain; kanal terdapat banyak noise (derau), atenuasi (redaman), juga dengan banyaknya jalur yang digunakan, sehingga terjadi redaman yang dikenal dengan istilah multipath fading yang dapat merusak sinyal, sehingga sinyal berubah dari bentuk aslinya. Multipath fading merupakan gejala pelemahan sinyal akibat sinyal dari pengirim melewati berbagai macam jalan, bisa sinyal langsung, terpantul, maupun sinyal yang sudah teredam oleh bahan tertentu, misalnya kaca atau kayu. Penggunaan teknik OFDM dapat meminimilasi pengaruh gejala multipath fading. OFDM merupakan teknik pentransmisian data berkecepatan tinggi dengan menggunakan beberapa sinyal pembawa (carrier) secara paralel. Sedangkan MIMO merupakan teknik dalam proses pentransmisian sinyal dengan menggunakan beberapa antena, baik pada sisi pengirim maupun penerima. Tujuan dari penggunakan teknik multi-antena adalah untuk memaksimalkan proses transmisi data (sinyal) ke penerima. Sehingga penggabungan teknik MIMO-OFDM merupakan suatu teknik transmisi yang mampu menyediakan layanan dengan kecepatan transfer data tinggi serta dapat meminimalisasi akibat pengaruh multipath fading. Dalam proses pendeteksian data pada sisi penerima diperlukan peran dari proses estimasi kanal. Perubahan kondisi kanal yang setiap saat berubah mengakibatkan perlunya proses estimasi kanal disisi perangkat penerima. Salah satu metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik invers matrik. Pola penggunaan antena banyak (multi-antena) pada sisi pengirim dan penerima dapat dipolakan dalam bentuk matrik. Sehingga estimasi kanal dengan menggunakan salah satu teknik dalam matrik yaitu invers matrik dapat dimungkinkan. Hasil keluaran dari penelitian adalah membandingkan pengaruh penambahan teknik OFDM dalam proses estimasi kanal menggunakan metode invers matrik pada sistem MIMO. Dari hasil simulasi menunjukkan sistem estimasi kanal menggunakan metode invers matrik MIMO tanpa OFDM, sistem dapat menghasilkan BER 0 (tanpa error) disaat sistem diberikan noise sebesar 12 dB. Artinya sistem MIMO tanpa OFDM hanya tahan sampai adanya noise sebesar 12 dB. Sedangkan untuk sistem MIMO dengan penambahan teknik OFDM menghasilkan nilai BER 0 (tanpa error) disaat diberikan nilai noise sebesar 15 dB.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NUGROHO, Kukuh; UTAMI, Riski. Analisis Estimasi Kanal Dengan Menggunakan Metode Invers Matrik Pada Sistem MIMO-OFDM. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 39-46, may 2015. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/28>. Date accessed: 25 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v7i1.28.
Section
Articles

References

[1] Ramjee Prasad, OFDM for WirelessCommunications System, Artech House, PP.
[2] Abdillah, K., Analisa Kinerja Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) Berbasis Perangkat Lunak, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).
[3] Andrew, J.G., Ghosh, A., Muhammed, R., Fundamentals Of Wimax, Pearson education, Inc., New Jersey 2007.
[4] Nugroho, Kukuh. 2008. Analisa Kinerja Estimasi Kanal Dengan Invers Matrik Pada Sistem MIMO. Institut Teknologi Telkom Bandung.
[5] Suryawan, Wayan, I. 2007. ESTIMASI KANAL SISTEM MIMO-OFDM 2X2 DAN 2X4 DENGAN METODE RECURSIVE LEAST SQUARES (RLS). Institut Teknologi Telkom Bandung.