Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh

Main Article Content

Dias Prihatmoko

Abstract

Abstrak - Saat ini energi listrik yang digunakan oleh masyarakat, industri dan perusahaan terus meningkat pemakaiannya, pertumbuhan penduduk semakin meningkat, rumah-rumah, gedung serta industri juga semakin lama semkin banyak. Bangunan tersebut terkadang perangkat listriknya seperti contohnya lampu masih menyala diluar jam kerja dan yang di rumah-rumah pun terkadang masih menyala sampai pagi. Masalah tersebut dikarenakan masyarakat lalai dalam mematikan perangkat elektronik tersebut. Hal itu kalau berlanjut terus menerus maka akan mengakibatkan pemborosan dalam mengkonsumsi energi listrik. Maka dari itu diperlukan adanya solusi agar supaya dapat menghemat konsumsi energi tersebut. Salah satu contohnya adalah pemakaian sistem kontrol perangkat listrik jarak jauh menggunakan internet.  Karena menggunakan internet maka diperlukan server web yang berfungsi sebagai server untuk mengontrol perangkat tersebut. Penelitian ini mengajukan perancangan server web yang digunakan sebagai server untuk kontrol penggunaan lampu. Perancangan ini berupa perancangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman PHP, Bahasa Pemrograman C, dan database. Hasil dari penelitian ini adalah server web yang dapat digunakan untuk kontrol dan monitor perangkat elektronis rumah dengan menggunakan Rasberry Pi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PRIHATMOKO, Dias. Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 84-91, feb. 2017. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/159>. Date accessed: 27 may 2017. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v9i1.159.
Section
Articles

References

[1] Albert D, dan Henry H, 2014. “Pembuatan Web Server Berbasis Raspberry Pi Untuk Kontrol AC”, Jurnal Ilmiah Mahsiswa Universitas Surabaya Vol. 3 No.1. Surabaya.
[2] Dias P, Widyawan, Selo, dan Sigit B. W, 2013. “Pengembangan Perangkat Lunak Gateway untuk Home Automation Berbasis IQRF TR53B Menggunakan Konsep CGI”, SESINDO.
[3] Achmad R, 2013. “Perancangan Web Server Menggunakan Bahasa Pemrograman Phyton 2.3”. Makalah Seminar Tugas akhir. Universitas Diponegoro Semarang.
[4] Ignatius P.H.P, Saptadi. N, dan Darmawan. U. “Penggunaan Raspberry Pi Sebagai Web Server Pada Rumah Untuk Sistem Pemantauan Suhu”. Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol 13 No 1 April 2014.
[5] Farid A, 2015. “Perancangan Prototype Web-Based Online Smart Home Controlled By Smartphone”. Jurnal Seminar Tugas akhir, Universitas Diponegoro.
[6] Narendra D P, 2014. “Sistem Monitoring Ruangan Serta Kontrol Lampu Menggunakan Smartphone Android dengan Media Komunikasi Jaringan Wi-Fi”. Jurnal Tugas Akhir. FTEK-UKSW.
[7] Rizki P. 2013. “Desain Sistem Kendali Lampu Pada Rumah Dengan Mini Web Server AVR”. Jurnal ELTEK Vol 11 Nomor 1 April 2013.
[8] Indrawan. “Prototype Kontrol Lampu Berbasis Android Dengan Pengingat Via SMS”. Jurnal Ilmiah Tugas Akhir STIMIK GI MDP Palembang.
[9] Gema A.D, “Implementasi Sistem SMS Gateway untuk Kendali Air Conditioner”. Jurnal Reka Elkomika Vol 1 No 2 Februari 2013.
[10] D. Kurnianto. “Perancangan Sistem Kendali Otomatis Pada Smart Home Menggunakan Modul Arduino Uno”. Jurnal Nasional Teknik Elektro Vol 5 No 2. Juli 2016.
[11] Purnomo, Vinsensius Rahmat Setyo, “Sistem Pengendali Peralatan Elektronik Serta Pemantauan Suhu Ruangan Berbasis Mikrokontroller Dengan Media Komunikasi Jala-Jala”. FTEK-UKSW. Salatiga,2013.
[12] E. Oesnawi, “Perancangan Sistem Pengontrolan Lampu dan AC yang terintegrasi Secara Nirkabel Berbasis Low Cost dan Low Power Radio Frequency”. Jurnal Tugas akhir. Teknik Elektro. Surabaya 2013.