Struktur artikel pada Jurnal Infotel menggunakan metode IMRAD (Introduction, Method, Result and Discussion). Berikut ini penjelasan dari metode IMRAD tersebut.

BAB I.  PENDAHULUAN

Pada pendahuluan, uraikan tentang latarbelakang penelitian secara umum, tinjauan pustaka (literature review), Keaslian penelitian (Research Gap), tujuan penelitian.

BAB II.  METODE PENELITIAN

Pada bab metode penelitian, jelaskan tentang ringkasan materi dan metode penelitian yg digunakan, meliputi subyek/bahan yg diteliti, alat yg digunakan, rancangan percobaan atau desain yg digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yg diukur.

BAB III.  HASIL

Pada bab hasil, jelaskan tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dapat disajikan dgn dukungan tabel, grafik/gambar. Dalam penyajiannya harus dimulai dengan narasi terlebih dahulu, baru diikuti dengan tabel atau gambar.

BAB IV. PEMBAHASAN

Pada bab pembahasan, jelaskan tentang apakah hasil yang didapatkan dalam penelitian sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya. Sitasi hasil penelitian atau pendapat orang lain hendaknya disarikan dan ditulis dengan kalimat sendiri.

BAB V. PENUTUP

Pada bab penutup, jelaskan tentang kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, hipotesis atau rumusan masalah. Kesimpulan merupakan turunan yang logis dari hasil penelitian, oleh karena itu tidak perlu menyimpulkan apapun dari hal-hal yang tidak diteliti.

Untuk BAB III Hasil dan BAB IV Pembahasan dapat digabungkan menjadi satu BAB.

Demikian penjelasan mengenai Struktur artikel pada Jurnal Infotel. Bagi penulis (Author) diwajibkan menulis artikelnya sesuai dengan aturan struktur tersebut.

Editor-in-Chief
Danny Kurnianto